Minggu, 16 Desember 2012

Konsep Promosi Kesehatan


A.     Promosi Kesehatan dan Perilaku
Perilaku merupakan faktor terbesar kedua setelah faktor lingkungan yang mempengaruhi kesehatan individu, kelompok, atau masyarakat (Blum : 1974). Oleh karena itu intervensi terhadap faktor perilaku sangat strategis untuk membina dan meningkatkan kesehatan masyarakat. Intervensi tersebut dapat dilakukan melalui dua upaya. Kedua upaya tersebut dilakukan melalui :
1.      Tekanan (Enforcement)
Upaya agar masyarakat mengubah perilaku atau mengadopsi perilaku kesehatan dengan cara tekanan, paksaan atau koersi (coertion).
2.      Pendidikan (Education)
Upaya agar masyarakat berperilaku atau mengadopsi perilaku kesehatan dengan cara persuasi, bujukan, imbauan, ajakan, memberikan informasi, memberikan kesadaran dan sebagainya.
     Menurut Green, perilaku dipengaruhi oleh 3 faktor utama, yaitu : a) faktor predisposisi b) faktor pemungkin c) faktor penguat
B.     Batasan Promosi Kesehatan
Hasil yang diharapkan dari suatu promosi kesehatan adalah perilaku kesehatan. Perubahan perilaku yang tidak kondusif ke perilaku yang kondusif ini mengandung berbagai dimensi sebagai berikut : a) perubahan perilaku b) pembinaan perilaku c) pengembangan perilaku.
Pendidikan kesehatan ditujukan kepada 3 faktor : a) faktor presisposisi b) faktor enabling c) faktor reenforcing.
C.     Promosi Kesehatan
Promosi kesehatan adalah proses untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kemampuan kesehatannya. Promosi kesehatan juga harus disetai upaya-upaya memfasilitasi perubahan perilaku.
D.     Visi dan Misi Promosi Kesehatan
Visi : meningkatknya kemampuan masyarakat untuk mempelihara dan meningkatkan derajat kesehatan, baik fisik, mental dan sosial.
Misi : a) Advokat b) Menjembatani c) Memampukan
E.      Strategi Promosi Kesehatan
Strategi global : a) Advokasi b) Dukungan Sosial c) Pemberdayaan Masyarakat
Strategi Piagam Ottawa : a) kebijakan berwawasan kesehatan b) lingkungan yangg mendukung c) reorientasi pelayanan kesehatan d) keterampilan individu e) gerakan masyarakat.
F.      Sasaran Promosi Kesehatan
Sasaran promosi kesehatan adalah perilaku masyarakat. Dari masyarakat itu dibagi menjadi tiga kelompok agar upaya promosi kesehatan berjalan efektif, a) sasaran primer b) sasaran sekunder c) sasaran tersier
G.     Ruang Lingkup Promosi Kesehatan
Ada dua dua ruang lingkup promosi kesehatab
1.      Ruang Lingkup Berdasarkan Aspek Kesehatan : a) promosi kesehatan pada aspek preventif b) promosi keseharan pada aspek pencegahan dan penyembuhan
2.      Ruang Lingkup Promosi Kesehatan Berdasarkan Tatanan Pelaksanaan : a) tatanan keluarga b) tatanan sekolah c) tatanan tempat kerja d) tempat umum e) fasilitas pelayanan kesehatan
3.      Ruang Lingkup Berdasarkan Tingkat Pelayanan : a) promosi kesehatan b) perlindungan khusus c) diagnosis dini dan pengobatan segera d) pembatasan cacat e) rehabilitasi
H.     Sub Bidang Keilmuan Promosi Kesehatan
1.      Komunikasi
2.      Dinamika Kelompok
3.      PPM
4.      PKMD
5.      Pemasaran Sosial
6.      Pengembangan Organisasi
7.      Pendidikan dan Pelatihan
8.      Pengembangan Media
9.      Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan
10.  Antropologi Kesehatan
11.  Sosiologi Kesehatan
12.  Psikologi Sosial

Tidak ada komentar:

Posting Komentar