A.
Promosi Kesehatan dan Perilaku
Perilaku
merupakan faktor terbesar kedua setelah faktor lingkungan yang mempengaruhi
kesehatan individu, kelompok, atau masyarakat (Blum : 1974). Oleh karena itu
intervensi terhadap faktor perilaku sangat strategis untuk membina dan
meningkatkan kesehatan masyarakat. Intervensi tersebut dapat dilakukan melalui
dua upaya. Kedua upaya tersebut dilakukan melalui :
1.
Tekanan (Enforcement)
Upaya agar masyarakat mengubah perilaku atau mengadopsi
perilaku kesehatan dengan cara tekanan, paksaan atau koersi (coertion).
2.
Pendidikan (Education)
Upaya agar masyarakat berperilaku atau mengadopsi
perilaku kesehatan dengan cara persuasi, bujukan, imbauan, ajakan, memberikan
informasi, memberikan kesadaran dan sebagainya.
Menurut Green, perilaku
dipengaruhi oleh 3 faktor utama, yaitu : a) faktor predisposisi b) faktor
pemungkin c) faktor penguat
B.
Batasan Promosi Kesehatan
Hasil yang
diharapkan dari suatu promosi kesehatan adalah perilaku kesehatan. Perubahan
perilaku yang tidak kondusif ke perilaku yang kondusif ini mengandung berbagai
dimensi sebagai berikut : a) perubahan perilaku b) pembinaan perilaku c)
pengembangan perilaku.
Pendidikan
kesehatan ditujukan kepada 3 faktor : a) faktor presisposisi b) faktor enabling
c) faktor reenforcing.
C.
Promosi Kesehatan
Promosi
kesehatan adalah proses untuk meningkatkan kemampuan masyarakat dalam
memelihara dan meningkatkan kemampuan kesehatannya. Promosi kesehatan juga
harus disetai upaya-upaya memfasilitasi perubahan perilaku.
D.
Visi dan Misi Promosi Kesehatan
Visi :
meningkatknya kemampuan masyarakat untuk mempelihara dan meningkatkan derajat
kesehatan, baik fisik, mental dan sosial.
Misi : a) Advokat b) Menjembatani c) Memampukan
E.
Strategi Promosi Kesehatan
Strategi
global : a) Advokasi b) Dukungan Sosial c) Pemberdayaan Masyarakat
Strategi Piagam Ottawa : a) kebijakan berwawasan
kesehatan b) lingkungan yangg mendukung c) reorientasi pelayanan kesehatan d)
keterampilan individu e) gerakan masyarakat.
F.
Sasaran Promosi Kesehatan
Sasaran
promosi kesehatan adalah perilaku masyarakat. Dari masyarakat itu dibagi
menjadi tiga kelompok agar upaya promosi kesehatan berjalan efektif, a) sasaran
primer b) sasaran sekunder c) sasaran tersier
G.
Ruang Lingkup Promosi Kesehatan
Ada dua dua
ruang lingkup promosi kesehatab
1.
Ruang Lingkup Berdasarkan Aspek Kesehatan : a) promosi
kesehatan pada aspek preventif b) promosi keseharan pada aspek pencegahan dan
penyembuhan
2.
Ruang Lingkup Promosi Kesehatan Berdasarkan Tatanan
Pelaksanaan : a) tatanan keluarga b) tatanan sekolah c) tatanan tempat kerja d)
tempat umum e) fasilitas pelayanan kesehatan
3.
Ruang Lingkup Berdasarkan Tingkat Pelayanan : a) promosi
kesehatan b) perlindungan khusus c) diagnosis dini dan pengobatan segera d)
pembatasan cacat e) rehabilitasi
H.
Sub Bidang Keilmuan Promosi Kesehatan
1.
Komunikasi
2.
Dinamika Kelompok
3.
PPM
4.
PKMD
5.
Pemasaran Sosial
6.
Pengembangan Organisasi
7.
Pendidikan dan Pelatihan
8.
Pengembangan Media
9.
Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan
10.
Antropologi Kesehatan
11.
Sosiologi Kesehatan
12.
Psikologi Sosial
Tidak ada komentar:
Posting Komentar