Sabtu, 22 Desember 2012

Pestisida Karbamat

Penggunaan pestisida golongan karbamat di Indonesia relatif baru terutama setelah pelarangan penggunaan dan peredaran sebagian besar pestisida golongan organokhlorin (OC). Insektisida golongan karbamat yang umum digunakan dalam kegiatan pertanian adalah karbofuran (Furadan), aldikarb (Temik) dan karbaril (Sevin). Bila penggunaan insektisida dilakukan sesuai aturan dapat memberikan keuntungan, tetapi bila tidak, akan menimbulkan kerugian seperti keracunan, gangguan kesehatan, pencemaran lingkungan dan residu pada produk pangan.

Efek Toksik Terhadap Profil Darah dan Sistem Hemopoetik
Salah satu dampak dari keracunan pestisida karbamat adalah anemia. Anemia adalah suatu keadaan dimana kadar hemoglobin dalam darah berkurang dari normal, yang berbeda untuk setiap jenis kelompok usia dan jenis kelamin. Tanda dan gejala yang sering timbul adalah gelisah, diaforesis (keringat dingin), sesak nafas, kolaps sirkulasi yang prosesif cepat atau syok.

Mekanisme Kerusakan Pada Sistem Hemopoetik
Kejadian anemia dapat terjadi pada penderita keracunan karbamat adalah karena terbentuknya sulfhemoglobin dan methemoglobin di dalam sel darah merah. Sulfhemoglobin terjadi karena kandungan sulfur yang tinggi pada pestisida sehingga menimbulkan ikatan sulfhemoglobin. Hal ini menyebabkan hemoglobin menjadi tidak normal dan tidak dapat menjalankan fungsinya dalam menghantarkan oksigen.
Methemoglobin terbentuk ketika zat besi di dalam Hb teroksidasi dari ferro menjadi ferri. Selain itu juga dapat disebabkan karena terjadi ikatan nitrit dengan Hb sehingga membentuk methemoglobin yang menyebabkan Hb tidak mampu mengikat oksigen. Sulfhemoglobin dan methemoglobin di dalam sel darah merah tidak dapat diubah kembali menjadi hemoglobin normal.
Kehadiran sulfhemoglobin dan methemoglobin dalam darah akan menyebabkan penurunan kadar hemoglobin di dalam sel darah merah sehingga terjadi hemolitik anemia. Hemolitik anemia yang terjadi akibat kontak dengan pestisida disebabkan karena terjadinya kecacatan enzimatik pada sel darah merah dan jumlah zat toksik yang masuk ke dalam tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar